Aneka kandungan Nutrisi dan Manfaat sayuran hidroponik Pakcoy

Bahkan jika sudah bosan  makan sayur bayam, kangkung atau sayuran hijau, itu mungkin berpikir tentang aneka sayuran hidroponik seperti pakcoy. Ini dikenal sebagai master sendok mustard/sawi sendok, ini adalah sayuran hijau yang dapat dimakan  dan memiliki banyak konten nutrisi didalamnya. Harga sayuran yang mengandung banyak gizi ini dapat dibudidaya secara hidroponik, harga sayuran ini  tidak mengeringkan kantong Anda. 

Tanaman Pakcoy Hidroponik

Disadur dari Wikipedia, budidaya Pakcoy dilaporkan adalah sayuran yang berasal dari Brassicaceae, dan sebagian luar masyarakat sudah mengenalnya. Pakcoy ini mudah ditanam dan dimakan secara langsung (biasanya dilemaskan/layu dengan air panas) atau diolah seperti biasanya memasak dan bahkanada juga yang dipanggang.

Pakcoy harus dapat tumbuh di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi. Ketika tanaman ini ditanam pada suhu dingin, tanaman ini akan dapat mekar/tumbuh dengan cepat. Sayangnya, biasanya dipanen pada semua bagian tumbuhan (tidak termasuk akar), inilah hal yang tidak disukai. Bahkan, Pakcoy sebenarnya,harga sayur pakcoy hidroponik ini merupakan tanaman dengan nilai ekonomi tinggi. 

Nutrisi dan Manfaat Pakcoy 

Sayuran ini dikategorikan memiliki gizi tinggi yang terkandung didalamnya dan mampu untuk membantu menjaga kesehatan Anda, sehingga cocok untuk menjadikan salah satu menu makanan kita. Dikutip dari Halo sehat, didalam 70 gram pakcoy terkandung 1 gram protein, 1,5 g karbohidrat, serat 0,7 g, kalium 5%, 62 persen vitamin A, 52% vitamin C, kalsium 7%, vitamin-B6 5%, 3% magnesium dan 3% besi. 

Berdasarkan data diatas, kandungan tertinggi tanaman Pakcoy adalah vitamin A dan vitamin C, dan sejenis vitamin vitamin yang memainkan peran penting sebagai antioksidan dalam tubuh untuk mencegah pembentukan radikal bebas. Oleh sebab itu, berdasarkan urutan Aggregate Nutrient Density Index (ANDI), tanaman pakcoy berada pada posisi ke enam dari kategori nutrisi dan sayuran. dapat dipastikan tidak ada keraguan tentang makanan Pakcoy. 

Sayuran dengan batang renyah juga terdapat zat kolin yang berguna untuk memerangi peradangan dalam tubuh. Jika mereka dikonsumsi secara teratur, zat kolin yang ada tanaman Pakcoy diklaim mampu mengurangi gejala yang disebabkan oleh peradangan seperti Arthritis atau radang sendi.

Tumis pakcoy

mengkonsumsi Pakcoy telah terbukti menjadi cara mudah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti kita ketahui, cuaca yang tidak teratur sering menyebabkan masalah dengan kesehatan, terutama jika sistem kekebalan berkurang. Nah, tanaman Pakcoy memiliki vitamin C yang dapat merangsang produksi leukosit atau sel darah putih. Sel darah putih inilah yang bertugas untuk meningkatkan respon imun terhadap bakteri infeksi dan penyakit.

Pakcoy memiliki manfaat lain yaitu menjaga kestabilan tekanan darah. Ini bukan rahasia lagi bagi masyarakat yang suka makan makanan dengan kadar garam tinggi bagi sebagian besar  orang Indonesia. Bahkan, pasokan natrium dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Untuk menahan agar stabil kadar natrium dalam tubuh, Anda dapat memasukkan Pakcoy pada daftar menu harian Anda. 

Jika Anda khawatir tentang kesehatan jantung Anda, cara termudah adalah mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengimbangi asupan herbal seperti vitamin dan mineral seperti yang terdapat pada tanaman pakcoy. Kombinasi vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran hijau dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan kolesterol yang dapat menentukan aliran darah. Selain itu,  pakcoy dapat menurunkan kadar homosistein, zat yang dapat menyebabkan masalah jantung.

Seperti sayuran lainnya, pakcoy kaya akan serat dan membantu meningkatkan sistem pencernaan. Selain untuk melancarkan buang air besar, serat dari tanaman pakcoy ini juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati gangguan saluran cerna seperti diare, sembelit dan radang usus.

Ada banyak manfaat, dan tidak apa-apa untuk mulai memasukkan pakcoy ke dalam diet atau menu harian Anda. Menemukan sayuran hijau ini tidak sulit karena dapat dibeli di berbagai pasar tradisional atau melalui situs jual beli online. Selain organik dan hidroponik, pakcoy juga tersedia dengan harga yang  relatif terjangkau.

Pakcoy kemasan

Harga jual  sayuran Hidroponik pakcoy 

Ukuran pakcoy / harga paket 

Hidroponik pakcoy 100gr  Rp5.000 

Hidroponik pakcoy 250gr Rp8.000    - Rp13.500 

Hidroponik pakcoy 500g Rp10.000   - Rp15.000 

Hidroponik Pakcoy 1kg Rp25.000 

Harga sayuran Hidroponik Pakcoy dari berbagai sumber seperti produsen, toko tanaman, situs jual beli online, dll terangkum di atas. Harga sayuran Hidroponik Pakcoy tentunya tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Misalnya, 250 gram pakcoy hidroponik yang semula dijual seharga Rp5.000, kini naik menjadi Rp 8.000. Di sisi lain, harga ukuran 500g yang semula Rp.15.000, kini bisa didapatkan dengan label Rp.10.000.

baca juga Macam macam sistem hidroponik

tag: 000 hidroponik pakcoy,harga hidroponik pakcoy,vitamin dan mineral,membersihkan tubuh racun,hidroponik pakcoy,yang dapat sayuran hijau,

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Aneka kandungan Nutrisi dan Manfaat sayuran hidroponik Pakcoy"

Catat Ulasan